Prognosis (Ramalan) Jangka Panjang Untuk Pasien-Pasien Dengan Cerebral Palsy

Jawabannya adalah kompleks. Karena cerebral palsy sebenarnya adalah set dari gejala-gejala yang berhubungan dengan keberagaman dari penyebab-penyebab, perawatan-perawatan yang potensial akan harus dibeda-bedakan. Banyak ilmuwan-ilmuwan sekarang berfokus pada penemuan-penemuan akhir-akhir ini yang menyarankan kita akan mampu untuk menggantikan sel-sel otak yang hilang atau rusak. Sementara terapi-terapi jenis ini masih belum tersedia, adalah kemungkinan besar bahwa percobaan-percobaan klinik yang nyata akan mulai dalam 5 sampai 10 tahun berikutnya.

Lebih banyak kita mengetahui tentang penyebab-penyebab dari cerebral palsy, lebih banyak yang dapat kita buat untuk mencegahnya. Contohnya penggunaan dari folic acid pada wanita-wanita yang aktif secara seksual mungkin mencegah malformasi-malformasi sistim syaraf pusat yang mungkin menjurus pada cerebral palsy. Menghindari penggunaan obat-obat tertentu selama kehamilan apakah legal, seperti obat-obat yang diresepkan, alkohol atau tembakau, atau ilegal seperti cocaine dan crack, akan juga mengurangi kesempatan-kesempatan dari cerebral palsy pada anak.

Tidak dapat lebih ditekankan bahwa orang yang paling penting dalam kehidupan-kehidupan dari anak-anak dengan cerebral palsy adalah perawat mereka. Perawat, apakah orangtua atau orang lain, harus mampu untuk mengenali keperluan-keperluan anak dan menyediakan dia lingkungan yang positif dan menyayanginya. Karena kesulitan yang dipunyai banyak anak-anak dengan cerebral palsy dalam mengekspresikan keperluan-keperluan mereka, mereka berada pada risiko yang besar untuk pengabaian yang tidak disengaja dan disengaja serta perlakuan kejam anak yang jelas. Sering, perawatan anak dengan cerebral palsy dapat menjadi cukup membebankan secara emosi dan keuangan pada keluarga. Perawatan yang tepat untuk anak-anak dengan cerebral palsy, oleh karenanya, harus mempertimbangkan kesehatan mental dan dukungan keuangan untuk keluarga-keluarga dan perawat-perawatnya. Banyak program-program yang dijalankan oleh negara menyediakan pengajaran diluar rumah serta perawatan untuk kelonggaran bagi perawat-perawatnya, namun layanan-layanan ini tidak mencukupi dari apa yang sebenarnya diperlukan. Dokter-dokter dapat sangat mudah memperbaiki kehidupan-kehidupan dari pasien-pasien mereka dengan mengambil beberapa waktu ekstra untuk mendengar kekhawatiran-kekhawatiran dan harapan-harapan dari perawat-perawat dan menyediakan jawaban-jawaban yang bijaksana pada pertanyaan-pertanyaan mereka.

Kita harus mengakui bahwa banyak, dan kemungkinan kebanyakan, anak-anak dengan cerebral palsy dapat menjalankan kehidupan-kehidupan yang spenuhnya, sangat berarti, dan bahagia. Kelompok dari orangtua-orangtua, perawat-perawat, dan dokter-dokter mempunyai tanggung jawab untuk membantu anak dengan cerebral palsy mencapai tujuan ini.

Leave a Reply