Jadwal Makan Bayi Umur 6 Bulan

Jadwal Makan Bayi Umur 6 Bulan

bubur-bayiJadwal makan bayi 6 bulan yang diberikan oleh dokter anak:

Jam 8: bubur susu
Jam 10: buah
Jam 12: bubur saring
Jam 14: biskuit
Jam 16: bubur susu
Diselingi ASI sesuka bayi.

Awalnya saya bingung ketika bayi saya mendekati usia 6 bulan, sudah dikasih jadwal makan yang “lengkap” oleh dokter anak. Biasa memberi ASI eksklusif yang tinggal sodorkan payudara saja, sekarang harus kasih makanan tambahan juga. Apakah memang harus selengkap itu semenjak awal bayi mengenal makanan tambahan? Makanan apa sebaiknya yang pertama dikasih ke bayi umur 6 bulan?Setelah konsul dengan dokter, baca-baca buku, ikut forum, tanya sana-sini ke ibu-ibu lain yang sudah “expert” masalah perbayian, akhirnya saya berhasil melalui masa-masa tegang itu dengan mulus.
Inilah yang saya lakukan:

Karena bayi saya ada bakat alergi, maka pemberian makanan tambahan / pendamping ASI harus diberikan secara bertahap, yaitu dicoba dahulu hanya satu jenis makanan selama 3 hari. Jika tidak ada reaksi alergi, maka saya bisa tambahkan satu jenis makanan lain, dan dilihat dulu selama 3 hari. Begitu seterusnya. Tidak usah terpaku pada jadwal makan lengkap yang diberikan oleh dokter, jadwal itu bisa kita ikuti setelah bayi melalui tahapan perkenalan berbagai macam makanan. Justru tidak baik jika dari awal bayi kita sudah “dicekoki” dengan makanan selengkap itu, karena perutnya akan kaget. Bawa santai saja, toh bayi kita juga masih kita susui.

Awalnya, saya hanya memberikan biskuit farley rasa classic ½ keping 1 kali sehari, dicairkan dengan air hangat plus ASI; konsentrasinya masih cair (hanya sedikit lebih kental dari air). Setelah 3 hari, selain biskuit farley yang konsentrasi kekentalannya sedikit demi sedikit saya tambah dan jumlahnya ditambah terus menjadi 2 keping per sekali makan, baru saya berikan buah pepaya yang matang dan manis, pepayanya cukup 2 potong kecil dan disaring.

Setelah itu saya coba nestle cerelac rasa beras merah, 1 sendok makan saja, dicairkan dengan air hangat dan ASI. Lalu nestle cerelac rasa kacang hijau. Bayi saya lebih suka yang rasa kacang hijau, tapi kadang-kadang saya tetap memberikan rasa beras merah juga. Sedikit demi sedikit jumlahnya ditambah, tapi sampai sekarang saya hanya memberikan dengan takaran 2 sendok makan sekali makan.

Buah-buahan lain yang sudah saya coba adalah pisang ambon atau pisang sunripe, semangka, jeruk bayi, alpukat, semua disaring atau diperas. Untuk alpukat, supaya rasanya manis, bisa dicampur dengan semangka atau jeruk bayi.

 

Leave a Reply