Mentahnik Anak Yang Baru Lahir Dengan Kurma

Mentahnik Anak Yang Baru Lahir Dengan Kurma

kurmaTahnik? Makanan apa ya itu? bagi yang sudah faham istilah ini, maka ia  sudah tidak asing lagi. tapi bagi yang belum pernah mendengarnya atau pernah mendengar tapi lupa maknanya, mungkin akan bingung dengan judul diatas. Barangkali tahnik dianggap sebagai suatu rangkaian acara kelahiran bayi.

Arti Tahnik yaitu :   Mengunyah kurma dan sejenisnya, lalu digosok-gosokkan ke dalam langit- langit mulut bayi, yakni dengan cara meletakkan kurma yang sudah dikunyah di ujung jari, lalu memasukkan jari itu kedalam mulut si bayi lalu sibayi pun belajar makan dan akhirnya mampu melakukannya.

Pada zaman kenabian Muhammad SAW dulu biasanya, apabila ada bayi yang baru lahir dari kalangan penduduk Madinah yang dibawa menemui Rasullullah S.A.W beliau segera mentahniknya (dengan kurma), lalu mendoakan keberkahan baginya.

Diriwayatkan dari Abu Musa bahwa ia menuturkan,’ suatu hari anakku lahir, maka akupun membawanya menemui Rasullullah S.A.W. lalu beliau memberinya nama Ibrohim, dan mentahniknya dengan sebutir kurma kering ( Bukhori kitap aqiqoh no.5467 ) ( Fathul Bari  IX:588)

Tahnik atau suapan pertama itu sebaiknya dengan buah kurma kering kalau tidak ada, bisa dengan kurma basah, kalau tidak ada juga, bisa juga dengan makanan manis madu lebah. Hal itu lebih utama dari makanan lain. Demikian dijelaskan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani.

Tahnik ini bertujuan agar otot-otot rongga mulut bayi menjadi kuat sehingga daya hisapnya terhadap ASI lebih kuat. Dengan demikian anak InsyaAllah menjadi lebih sehat,  kuat dan cerdas karena asupan ASI yang berkualitas dan dengan Kuantitas yang memadai.

Jadi bagi Ibu-ibu yang akan melahirkan bayi jangan lupa mentahnik bayinya ya agar anak ibu menjadi sehat dan kuat…

Leave a Reply